CP Fase E

 INFORMATIKA (SMK kelas X)

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Elemen

Deskripsi

Capaian Pembelajaran 

Berpikir komputasional (BK)

Berpikir komputasional (BK) mengasah keterampilan problem solving sebagai landasan untuk menghasilkan solusi yang efektif, efisien dan optimal dengan menerapkan penalaran kritis, kreatif dan mandiri

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan berpikir komputasional pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) akan menjadi perkakas dalam berkarya dan sekaligus objek kajian yang memberikan inspirasi agar suatu hari siswa menjadi pencipta karya-karya berteknologi yang berlandaskan informatika.

Pada akhir fase E, siswa mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Sistem komputasi (SK)

Sistem komputasi (SK) adalah pengetahuan tentang bagaimana perangkat keras dan perangkat lunak berfungsi dan saling mendukung dalam mewujudkan suatu layanan bagi pengguna baik di luar maupun di dalam jaringan komputer/internet.

Pada akhir fase E, siswa mampu menjelaskan cara kerja komputer dan masing-masing komponen-komponennya, menjelaskan peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Jaringan Komputer dan Internet (JKI) memfasilitasi pengguna untuk menghubungkan sistem komputer dengan jaringan lokal maupun internet.

Pada akhir fase E, siswa memahami Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), menerapkan enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia.

Analisis data (AD)

Analisis data (AD) memberikan kemampuan untuk menginput, memproses, memvisualisasi data dalam berbagai tampilan, dan menginterpretasi serta mengambil

kesimpulan serta keputusan berdasarkan penalaran.

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan seluruh siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis dan interpretasi data, publikasi) dengan menggunakan perkakas yang sesuai, menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

Algoritma dan Pemrograman (AP)

Algoritma dan Pemrograman (AP) mengarahkan siswa menuliskan langkah penyelesaian solusi secara runtut dan menerjemahkan solusi menjadi program yang dapat dijalankan oleh mesin (komputer)

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami penerapan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

Dampak Sosial Informatika (DSI)

Dampak Sosial Informatika (DSI) menyadarkan siswa akan dampak informatika dalam: (a) kehidupan bermasyarakat dan dirinya, khususnya dengan kehadiran dan pemanfaatan TIK, dan (b) bergabungnya manusia dalam jaringan komputer dan internet untuk membentuk masyarakat digital.

Dampak Sosial Informatika (DSI)

Pada akhir fase E, siswa mengenal sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan dan sosial dari produk TIK, serta hak kekayaan intelektual dan lisensi, serta mampu mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait informatika serta peran informatika pada bidang lain.

Praktik Lintas Bidang (PLB)

Praktik Lintas Bidang (PLB) melatih siswa bergotong royong untuk untuk menghasilkan artefak komputasional secara kreatif dan inovatif dengan mengintegrasikan semua pengetahuan informatika maupun pengetahuan dari mata pelajaran lain, menerapkan proses rekayasa atau pengembangan (design, implement, debugging, testing, refining), serta mendokumentasikan dan mengomunikasikan hasil karyanya.

Pada akhir fase E, siswa mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai, dan mengkomunikasikan (presentasi, dokumentasi) program dan proses pengembangan solusi.



TUJUAN PEMBELAJARAN


Tujuan Pembelajaran (TP) merupakan deskripsi pencapaian tiga aspek kompetensi yakni pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperoleh peserta didik dalam satu atau lebih kegiatan pembelajaran, disusun secara kronologis berdasarkan urutan pembelajaran dari waktu ke waktu yang menjadi prasyarat menuju CP. Mengingat jam pelajaran untuk mata pelajaran Informatika adalah 4 jam per minggu maka tujuan Pembelajaran tiap elemen mata pelajaran Informatika yang dipelajari pada kelas X dapat diuraikan sebagai berikut:


Berpikir komputasional (BK)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami strategi algoritmik standar sebagai penerapan berpikir komputasional pada berbagai bidang untuk menghasilkan beberapa solusi dari persoalan dengan data diskrit bervolume besar.

Siswa mampu:

BK.1. Menjelaskan pengertian proposisi

BK.2. Mengidentifikasi kalimat-kalimat proposisi

BK.3. Menjelaskan pengertian proposisi majemuk

BK.4. Menjelaskan pengertian negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi

BK.5. Memberi contoh kalimat negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi

BK.6. Menjelaskan konsep penalaran deduktif, induktif, dan abduktif

BK.7. Memberi contoh penalaran deduktif, induktif, dan abduktif

BK.8. Menganalisis suatu kasus untuk dipecahkan melalui logika inferensi

BK.9. Menjelaskan konsep bilangan biner dan heksadesimal

BK.10. Mengonversi proposisi menjadi konsep bilangan biner dan heksadesimal

BK.11. Menerapkan negasi, konjungsi, dan disjungsi pada bilangan biner dan heksadesimal

BK.12. Menerapkan operator logika proposional

BK.13. Menjelaskan konsep pemecahan masalah (problem solving)

BK.14. Mengidentifikasi masalah

BK.15. Menerapkan brainstorming untuk menguraikan permasalahan menjadi komponen-komponen yang lebih kecil (decomposition)

BK.16. Mengidentifikasi data-data terkait permasalahan 

BK.17. Menganalisis pola, tren, dan keteraturan dalam data (pattern recognition)

BK.18. Mereduksi data-data yang tidak diperlukan pada penyelesaian masalah (abstraction)

BK.19. Menentukan batasan-batasan serta kriteria-kriteria dalam penyelesaian permasalahan

BK.20. Menerapkan brainstorming untuk menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah

BK.21. Mengevaluasi alternatif-alternatif pemecahan masalah yang sesuai dengan batasan-batasan dan kriteria-kriteria

BK.22. Menentukan alternatif pemecahan masalah

BK.23. Menyusun diagram alir sebagai perwujudan dari langkah-langkah lojik pemecahan masalah (algorithm designing)

BK.24. Menganalisis kasus sederhana atau alur proses untuk diterapkan dalam diagram alir


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu memanfaatkan berbagai aplikasi secara bersamaan dan optimal untuk berkomunikasi, mencari informasi di internet, serta mahir menggunakan fitur lanjut aplikasi perkantoran (pengolah kata, angka, dan presentasi) beserta otomasinya untuk mengintegrasikan dan menyajikan konten aplikasi dalam berbagai representasi yang memudahkan analisis dan interpretasi konten tersebut.

Siswa mampu:

TIK.1. Melakukan pencarian informasi di internet

TIK.2. Menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menyusun instrumen, laporan atau makalah, dan proposal

TIK.3. Menerapkan simbol-simbol diagram alir pada perangkat lunak pengolah kata

TIK.4. Menggunakan aplikasi spreadsheet untuk menyajikan data dan menyusun proposal atau laporan keuangan

TIK.5. Menerapkan operator logika proposional pada perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet)

TIK.6. Menggunakan aplikasi presentasi untuk mempresentasikan proposal dan laporan

TIK.7. Menggunakan printer dan scanner

TIK.8. Mengidentifikasi perangkat fotografi dan videografi

TIK.9. Menggunakan perangkat fotografi dan videografi



Sistem Komputasi (SK)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu menjelaskan cara kerja komputer dan masing-masing komponen-komponennya, menjelaskan peran sistem operasi dan mekanisme internal yang terjadi pada interaksi antara perangkat keras, perangkat lunak, dan pengguna.

Siswa mampu:

SK.1. Mengidentifikasi komponen perangkat keras pada sistem komputasi

SK.2. Mengidentifikasi komponen perangkat lunak pada sistem komputasi

SK.3. Menjelaskan cara kerja perangkat keras dan perangkat lunak pada sistem komputasi

SK.4. Menggunakan sistem operasi

SK.5. Mengonfigurasi sistem operasi


Jaringan Komputer dan Internet (JKI)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa memahami Internet dan jaringan lokal, komunikasi data via HP, konektivitas internet melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet), menerapkan enkripsi untuk memproteksi data pada saat melakukan koneksi perangkat ke jaringan lokal maupun internet yang tersedia

Siswa mampu:

JKI.1. Menjelaskan konsep dasar Internet dan jaringan lokal

JKI.2. Mengonfigurasi telepon seluler dan komputer untuk terhubung ke jaringan internet dan lokal

JKI.3. Melakukan komunikasi data menggunakan telepon seluler dan komputer via jaringan internet dan lokal baik melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet)



Analisis data (AD)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami aspek privasi dan keamanan data, mengumpulkan data secara otomatis dari berbagai sumber data, memodelkan data berbagai bidang, menerapkan seluruh siklus pengolahan data (pengumpulan, pengolahan, visualisasi, analisis dan interpretasi data, publikasi) dengan menggunakan perkakas yang sesuai, menerapkan strategi pengelolaan data yang tepat guna dengan mempertimbangkan volume dan kompleksitasnya.

Siswa mampu:

AD.1. Mengidentifikasi jenis-jenis informasi digital

AD.2. Menjelaskan konsep keamanan informasi dan organisasi

AD.3. Menjelaskan ancaman keamanan informasi pribadi dan organisasi

AD.4. Mendefinisikan prosedur keamanan informasi

AD.5. Mengidentifikasi kelemahan dari informasi dalam sistem komunikasi bisnis

AD.6. Menerapkan prosedur keamanan informasi

AD.7. Menerapkan enkripsi sederhana

AD.8. Menerapkan akses kontrol lingkungan komputasi (hardware, sistem operasi, dan aplikasi)

AD.9. Mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber

AD.10. Menerapkan penyimpanan data dan informasi

AD.11. Menerapkan visualisasi dan pengolahan data menggunakan aplikasi spreadsheet

AD.12. Mempresentasikan data dan informasi menggunakan aplikasi presentasi



Algoritma dan Pemrograman (AP)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu memahami penerapan praktik baik konsep pemrograman prosedural dalam salah satu bahasa pemrograman prosedural dan mampu mengembangkan program yang terstruktur dalam notasi algoritma atau notasi lain, berdasarkan strategi algoritmik yang tepat.

Siswa mampu:

AP.1. Mengidentifikasi menu-menu dalam aplikasi komputer berbasis logika

AP.2. Mendeskripsikan lingkungan pengembangan perangkat lunak (canvas) pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.3. Menerapkan projek awal (hello world) pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.4. Menerapkan penggunaan tipe data pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.5. Menerapkan operator pada aplikasi berbasis logika pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.6. Menerapkan struktur kontrol perulangan dan percabangan pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.7. Menerapkan object movement pada aplikasi berbasis logika pada aplikasi pengembangan perangkat lunak


Dampak Sosial Informatika (DSI)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mengenal sejarah perkembangan komputer dan tokoh-tokohnya, memahami aspek teknis, hukum, ekonomi, lingkungan dan sosial dari produk TIK, serta hak kekayaan intelektual dan lisensi, serta mampu mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait informatika serta peran informatika pada bidang lain.

Siswa mampu:

DSI.1. Mendeskripsikan fungsi dan manfaat dari pembelajaran informatika

DSI.2. Menjelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan tokoh-tokohnya

DSI.3. Mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait informatika serta peran informatika pada bidang lain

DSI.4. Menjelaskan konsep kewargaan digital (digital citizenship)

DSI.5. Menerapkan etika dan tanggungjawab sebagai warga digital

DSI.6. Menerapkan penuangan ide pada media sosial

DSI.7. Menganalisis permasalahan terkait pelanggaran dan penyimpangan warga digital

DSI.8. Menjelaskan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

DSI.9. Menganalisis permasalahan terkait pelanggaran atas HAKI

DSI.10. Menerapkan aplikasi media sosial

DSI.11. Mengombinasikan pemanfaatan beragam media teknologi dan komunikasi untuk menyampaikan ide atau gagasan

DSI.12. Menerapkan teknologi digitalisasi industri (dapat memilih salah satu atau lebih antara Augmented Reality, Virtual Reality, Internet of Things, 3D printing, Cloud Computing, Big Data, atau Artificial Intelligence)


Praktik Lintas Bidang (PLB)

Capaian Pembelajaran

Tujuan Pembelajaran

Pada akhir fase E, siswa mampu bergotong royong dalam tim inklusif untuk mengidentifikasi persoalan, merancang, mengimplementasi, menguji, dan menyempurnakan program komputer didasari strategi algoritma yang sesuai, dan mengkomunikasikan (presentasi, dokumentasi) program dan proses pengembangan solusi.

Siswa mampu:

PLB.1. Mengidentifikasi masalah umum dan kejuruan secara kolaboratif

PLB.2. Menganalisis kebutuhan pengembangan aplikasi secara kolaboratif

PLB.3. Mendesain aplikasi sederhana secara kolaboratif

PLB.4. Menerapkan diagram alir untuk mengembangkan perangkat lunak pada aplikasi berbasis logika

PLB.5. Menerapkan pengembangan aplikasi

PLB.6. Menerapkan pengujian aplikasi

PLB.7. Mendokumentasikan projek aplikasi sebagai solusi permasalahan secara kolaboratif 

PLB.8. Mempresentasikan projek aplikasi sebagai solusi permasalahan secara kolaboratif




ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN


Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) adalah rangkaian tujuan pembelajaran yang tersusun secara sistematis dan logis di dalam fase secara utuh dan menurut urutan pembelajaran sejak awal hingga akhir suatu fase. Alur ini disusun secara linear sebagaimana urutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan dari hari ke hari untuk mengukur CP. Alur Tujuan Pembelajaran mata pelajaran Informatika SMK Kelas X dapat diuraikan sebagai berikut:


SEMESTER 1


Siswa mampu:

DSI.1. Mendeskripsikan fungsi dan manfaat dari pembelajaran informatika

DSI.2. Menjelaskan sejarah perkembangan teknologi informasi dan tokoh-tokohnya

DSI.3. Mengenal berbagai bidang studi dan profesi terkait informatika serta peran informatika pada bidang lain


BK.1. Menjelaskan pengertian proposisi

BK.2. Mengidentifikasi kalimat-kalimat proposisi

BK.3. Menjelaskan pengertian proposisi majemuk

BK.4. Menjelaskan pengertian negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi

BK.5. Memberi contoh kalimat negasi/ingkaran, konjungsi, disjungsi, implikasi, dan inferensi

BK.6. Menjelaskan konsep penalaran deduktif, induktif, dan abduktif

BK.7. Memberi contoh penalaran deduktif, induktif, dan abduktif

BK.8. Menganalisis suatu kasus untuk dipecahkan melalui logika inferensi

BK.9. Menjelaskan konsep bilangan biner dan heksadesimal

BK.10. Mengonversi proposisi menjadi konsep bilangan biner dan heksadesimal

BK.11. Menerapkan negasi, konjungsi, dan disjungsi pada bilangan biner dan heksadesimal

BK.12. Menerapkan operator logika proposional

BK.13. Menjelaskan konsep pemecahan masalah (problem solving)

BK.14. Mengidentifikasi masalah

BK.15. Menerapkan brainstorming untuk menguraikan permasalahan menjadi komponen-komponen yang lebih kecil (decomposition)

BK.16. Mengidentifikasi data-data terkait permasalahan 

BK.17. Menganalisis pola, tren, dan keteraturan dalam data (pattern recognition)

BK.18. Mereduksi data-data yang tidak diperlukan pada penyelesaian masalah (abstraction)

BK.19. Menentukan batasan-batasan serta kriteria-kriteria dalam penyelesaian permasalahan

BK.20. Menerapkan brainstorming untuk menentukan alternatif-alternatif pemecahan masalah

BK.21. Mengevaluasi alternatif-alternatif pemecahan masalah yang sesuai dengan batasan-batasan dan kriteria-kriteria

BK.22. Menentukan alternatif pemecahan masalah

BK.23. Menyusun diagram alir sebagai perwujudan dari langkah-langkah lojik pemecahan masalah (algorithm designing)

BK.24. Menganalisis kasus sederhana atau alur proses untuk diterapkan dalam diagram alir


SK.1. Mengidentifikasi komponen perangkat keras pada sistem komputasi

SK.2. Mengidentifikasi komponen perangkat lunak pada sistem komputasi

SK.3. Menjelaskan cara kerja perangkat keras dan perangkat lunak pada sistem komputasi

SK.4. Menggunakan sistem operasi

SK.5. Mengonfigurasi sistem operasi


JKI.1. Menjelaskan konsep dasar Internet dan jaringan lokal

JKI.2. Mengonfigurasi telepon seluler dan komputer untuk terhubung ke jaringan internet dan lokal

JKI.3. Melakukan komunikasi data menggunakan telepon seluler dan komputer via jaringan internet dan lokal baik melalui jaringan kabel dan nirkabel (bluetooth, wifi, internet)


TIK.1. Melakukan pencarian informasi di internet

TIK.2. Menggunakan aplikasi pengolah kata untuk menyusun instrumen, laporan atau makalah, dan proposal

TIK.3. Menerapkan simbol-simbol diagram alir pada perangkat lunak pengolah kata

TIK.4. Menggunakan aplikasi spreadsheet untuk menyajikan data dan menyusun proposal atau laporan keuangan

TIK.5. Menerapkan operator logika proposional pada perangkat lunak pengolah angka (spreadsheet)

TIK.6. Menggunakan aplikasi presentasi untuk mempresentasikan proposal dan laporan

TIK.7. Menggunakan printer dan scanner

TIK. 8. Mengidentifikasi perangkat fotografi dan videografi

TIK.9. Menggunakan perangkat fotografi dan videografi


DSI.4. Menjelaskan konsep kewargaan digital (digital citizenship)

DSI.5. Menerapkan etika dan tanggungjawab sebagai warga digital

DSI.6. Menerapkan penuangan ide pada media sosial

DSI.7. Menganalisis permasalahan terkait pelanggaran dan penyimpangan warga digital

DSI.8. Menjelaskan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

DSI.9. Menganalisis permasalahan terkait pelanggaran atas HAKI

DSI.10. Menerapkan aplikasi media sosial

DSI.11. Mengombinasikan pemanfaatan beragam media teknologi dan komunikasi untuk menyampaikan ide atau gagasan

DSI.12. Menerapkan teknologi digitalisasi industri (dapat memilih salah satu atau lebih antara Augmented Reality, Virtual Reality, Internet of Things, 3D printing, Cloud Computing, Big Data, atau Artificial Intelligence)


SEMESTER 2


Siswa mampu:

AD.1. Mengidentifikasi jenis-jenis informasi digital

AD.2. Menjelaskan konsep keamanan informasi dan organisasi

AD.3. Menjelaskan ancaman keamanan informasi pribadi dan organisasi

AD.4. Mendefinisikan prosedur keamanan informasi

AD.5. Mengidentifikasi kelemahan dari informasi dalam sistem komunikasi bisnis

AD.6. Menerapkan prosedur keamanan informasi

AD.7. Menerapkan enkripsi sederhana

AD.8. Menerapkan akses kontrol lingkungan komputasi (hardware, sistem operasi, dan aplikasi)

AD.9. Mengumpulkan data dan informasi dari berbagai sumber

AD.10. Menerapkan penyimpanan data dan informasi

AD.11. Menerapkan visualisasi dan pengolahan data menggunakan aplikasi spreadsheet

            AD.12.    Mempresentasikan data dan informasi menggunakan aplikasi presentasi


AP.1. Mengidentifikasi menu-menu dalam aplikasi komputer berbasis logika

AP.2. Mendeskripsikan lingkungan pengembangan perangkat lunak (canvas) pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.3. Menerapkan projek awal (hello world) pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.4. Menerapkan penggunaan tipe data pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.5. Menerapkan operator pada aplikasi berbasis logika pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.6. Menerapkan struktur kontrol perulangan dan percabangan pada aplikasi pengembangan perangkat lunak

AP.7. Menerapkan object movement pada aplikasi berbasis logika pada aplikasi pengembangan perangkat lunak


PLB.1. Mengidentifikasi masalah umum dan kejuruan secara kolaboratif

PLB.2. Menganalisis kebutuhan pengembangan aplikasi secara kolaboratif

PLB.3. Mendesain aplikasi sederhana secara kolaboratif

PLB.4. Menerapkan diagram alir untuk mengembangkan perangkat lunak pada aplikasi berbasis logika

PLB.5. Menerapkan pengembangan aplikasi

PLB.6. Menerapkan pengujian aplikasi

PLB.7. Mendokumentasikan projek aplikasi sebagai solusi permasalahan secara kolaboratif

PLB.8. Mempresentasikan projek aplikasi sebagai solusi permasalahan secara kolaboratif


Comments

Popular posts from this blog

27 Daftar shortcut berdasarkan abjad

Flowchart